09/11/12

Cara Memperbaiki Webcam yang Rusak

Melalui koneksi internet, kini pengguna laptop atau komputer pc dapat menggunakan webcam untuk video chatting. Tentu saja hal ini sangat menyenangkan jika semuanya berjalan dengan lancar. Akan tetapi jika web camera rusak, maka semuanya jadi tidak asik lagi. Contoh kerusakan yg terjadi misalnya: tidak ada gambar pada layar, atau munculnya pesan error.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab kerusakan web camera. Namun untuk memperbaiki webcam rusak, lakukan terlebih dahulu pemeriksaan awal dengan cara dibawah ini:
  • Periksa koneksi webcam. Biasanya terhubung ke komputer PC melalui port USB, pastikan terhubung dengan benar. Biasanya pada laptop sudah terpasang, karena memang "build in".
  • Kebanyakan webcam akan teraktifasi secara otomatis oleh aplikasi bawaanya, Tapi pada beberapa komputer laptop, setelah web camera terpasang dengan baik, ia minta diaktifkan secara manual dengan cara menekan beberapa kombinasi tombol seperti "ctr" atau "alt" atau "Fn". Anda bisa mengeceknya di panduan laptop manual.
  • Selanjutnya periksa Windows Device Manager and amati kalau seluruh hardware telah terdeteksi serta terinstal dgn benar. Jika webcam berhasil terdeteksi pada windows device Anda,tapi muncul tanda seru berwarna kuning, maka ini artinya driver softwarenya salah. Hal yg bisa Anda lakukan adalah update software drivernya.
  • Jika drivers web camera dan aplikasi sudah terpasang dgn benar, tapi Anda masih tidak dapat melihat gambar video, Masalah tersebut bisa muncul dari program seting akibat multiple divice. Kebanyakan dari aplikasi video chatting akan meminta Anda mengkonfigurasi opsi video source untuk fitur webcam. Perlu juga Anda ketahui, pada beberapa web camera dan program, masih memerlukan tambahan software yang kompatibel serta terbaru, misalnya Java, Flash, DirectX and Quicktime

1 komentar:

  1. apa jika webcam tidak terdeteksi apa device manager?

    BalasHapus

;
Creative Commons License
Content by webkamera video pc laptop murah is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License